5 Keunggulan Paving Block untuk Lapisan Jalan

Saat berjalan jalan di taman, anda mungkin tidak asing lagi dengan material paving block sebagai pelapis jalan. Bahkan di trotoar, material konstruksi satu ini juga bisa ditemukan dengan mudah. Tentu ini membuat jasa paving block banjir pesanan. Akan tetapi, kenapa sebenarnya paving block banyak dipilih ? Yuk kenali beberapa keunggulannya berikut.

Kelebihan Material Paving Block

5 Keunggulan Paving Block untuk Lapisan Jalan

  1. Tidak Licin

Selain area taman dan trotoar, banyak pula lahan parkir yang memanfaatkan pengerasan menggunakan paving block. Pemilihan ini lantaran material tersebut membuat jalan menjadi tidak licin. Pasalnya paving block mempunyai sifat kekesatan yang sangat baik. Sehingga kendaraan yang melintas hanya mempunyai kemungkinan kecil mengalami slip.

Apalagi ketika cuaca buruk, dimana curah hujan terbilang tinggi. Biasanya banyak kendaraan yang mengalami slip akibat dari roda kendaraan yang berjibaku dengan genangan air. Terlebih pada lahan yang tidak rata, maka kemungkinan slip tersebut akan semakin besar. Namun menggunakan paving block akan membantu jalan lebih mulus dengan tingkat kekesatan tinggi.

  1. Mempunyai Daya Serap Air yang Baik

Selain membuat jalan menjadi tidak licin, jasa paving block banyak dipesan karena material tersebut juga memiliki daya serap air yang baik. Ini berarti, meski curah hujan cukup tinggi maka tetap tidak terdapat genangan air di area lahan. Sehingga keseimbangan air tanah bisa tetap terjaga dan mampu menopang secara baik beban yang berada di atasnya.

Hal tersebut membuat paving block banyak direkomendasikan sebagai pelapis jalan di daerah perkotaan, terlebih wilayah rawan banjir. Mengingat bahwa material satu ini memungkinkan sekitar 60 persen air hujan bisa meresap di antara susunannya. Apalagi bobotnya juga ringan, jadi paving block bisa dimanfaatkan pula sebagai penopang agar pondasi bangunan tetap stabil.

  1. Harga Relatif Murah

Saat hendak memanggil jasa perkerasan jalan, biaya tentu menjadi pertimbangan yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika konstruksi kali ini akan diaplikasikan pada lahan yang luas. Anda tidak perlu khawatir dalam hal ini, karena paving block terbilang memiliki harga relatif terjangkau dan bersahabat tergantung pada tipe serta modelnya.

  1. Perawatannya Cenderung Mudah

Jasa paving block tidak hanya dipilih karena material satu ini memiliki harga ekonomis. Namun keekonomisan dari paving block ternyata berlanjut pada proses perawatannya. Dimana anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih sebagai upaya merawat material pelapis jalan tersebut. Pasalnya paving block tidak begitu memerlukan perawatan khusus.

Anda cukup menggunakan air bersih, sabun, dan sikat untuk membersihkannya saat kondisi kotor. Dan jika sudah terlanjur berlumut, maka anda pun dapat menyemprotkan cairan fungisida atau bisa juga dengan memanfaatkan kapur bangunan. Selain itu, paving block juga tidak mudah rusak dan kokoh. Anda kata rusak pun, anda bisa memperbaikinya tanpa harus merombak keseluruhan.

  1. Bisa Mempercantik Jalan

Di pasaran, anda bisa menemukan banyak variasi warna dan bentuk paving block yang mana bisa disesuaikan dengan selera. Ini tentu akan memberikan nilai estetika tersendiri bagi lahan tempat pengaplikasian material perkerasan jalan tersebut. Hal ini pula yang membuat jasa paving block banyak dipesan untuk kebutuhan pelapisan area taman, hingga eksterior rumah.

Selain kelima keunggulan di atas, sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dari material perkerasan jalan satu ini. Seperti paving block tahan terhadap perubahan cuaca, materialnya ringan, hingga pemasangannya yang mudah. Berbagai kelebihan ini tentu membuat konstruksi perkerasan lahan yang anda miliki membuahkan hasil terbaik, bahkan bisa selesai dalam waktu singkat.

Leave a Comment