Kenapa Harus Menggunakan Jasa Paving Block ? Intip Alasannya di Sini!

Jasa paving block sudah lama dimanfaatkan untuk membantu proses perkerasan jalan. Terlebih material paving block ini memiliki keunggulan tersendiri, yang membuatnya menjadi banyak dipilih. Akan tetapi, memilih paving block nyatanya tidak boleh sembarangan agar tidak mudah rusak setelah pengaplikasian. Berikut beberapa tips dalam memilihnya.

Kiat Memilih Paving Block yang Tepat

5 Tips Jitu Untuk Memilih Paving Block yang Bagus dan Berkualitas

1. Mempunyai Tekstur Kasar

Meski pengaplikasian paving block bisa membuat jalan menjadi lebih mulus dan mudah untuk dilalui. Namun sejatinya material satu ini terbuat atas pasir yang telah diayak dan membuat ukurannya relatif kecil. Jadi, jika paving block diraba maka akan terasa sedikit sakit di telapak tangan. Teksturnya juga terasa cenderung kasar ketika diraba.
Apabila anda menemukan paving block yang malah terasa halus di telapak tangan, maka ini bisa menandakan bahwa pasir yang digunakan untuk membuat material konstruksi tersebut masih banyak mengandung tanah. Jika menggunakan yang seperti ini, dikhawatirkan nantinya paving block akan cepat rusak dan retak setelah digunakan beberapa kali.

2. Kuat dan Kokoh

Jasa paving block banyak dicari karena material konstruksi tersebut terkenal kuat dan kokoh sebagai bahan perkerasan jalan. Ini bahkan menjadi standar mutlak saat memilih material tersebut. Jangan ragu untuk bertanya bahkan meminta pemilik toko bangunan untuk menguji mutu terkait dengan paving block yang akan dipesan.
Produsen yang yakin dengan produknya tentu tidak masalah menunjukkan kepada anda uji coba kualitas paving block tersebut. Biasanya uji coba kekuatan paving block dilakukan dengan menjatuhkan material ini dari ketinggian sekitar 1 meter secara bebas. Atau untuk lebih mudahnya anda bisa mempercayakan pada jasa perkerasan jalan profesional.

3. Memiliki Bentuk yang Presisi

Perlu diketahui bahwa paving block yang bagus mempunyai bentuk presisi. Jadi meski teksturnya cenderung kasar, namun permukaan material ini tetap tidak berlubang, rapi, rata, dan sudutnya berbentuk lancip. Selain itu, setiap paving yang bagus juga akan tersusun amat padat serta rapat mengingat bahwa pasir pembentuknya sudah diayak dengan baik.

4. Ukurannya Seragam

Selain memiliki bentuk yang presisi, jasa paving block profesional sudah seharusnya menyiapkan material tersebut dengan ukuran seragam apabila jenisnya sama. Pasalnya pembuatan paving tersebut umumnya dilakukan dengan cara dicetak menggunakan sebuah alat. Sehingga pembuatannya langsung diterapkan secara massal dan harusnya menghasilkan ukuran seragam.

Ukuran yang seragam dan rapi tersebut nantinya akan mempermudah dalam proses pemasangan, dan membuat hasil pengaplikasian menjadi lebih rapi. Jadi apabila anda menemukan terdapat salah satu paving block yang berbeda ukuran padahal sama jenis, maka patut dicurigai. Mungkin saja produsen memanfaatkan paving bekas untuk dicampur bersama dengan material baru.

5. Bandingkan Berat

Apabila ingin memperoleh paving block terbaik, anda bisa membandingkan berat antar material tersebut. Dalam hal ini, anda bisa membandingkan material dari tebal 6 cm, 8 cm, serta 10 cm. Karena besar atau ukurannya berbeda, tentu bobot dari paving block ini pasti juga berbeda. Dimana semakin besar atau tebal, maka semakin berat pula bobotnya.
Anda bisa mencoba membenturkan antar paving block tersebut, biasanya yang lebih kuat akan mengeluarkan suara jauh lebih nyaring. Ini berarti menandakan bahwa paving block bisa kuat menahan beban di atasnya setelah diaplikasikan. Apabila masih belum bisa membedakan, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kebutuhan dengan jasa paving block terkait.
Memilih paving block mungkin memang tidak semudah kelihatannya. Namun beberapa tips di atas bisa sedikit membantu, sehingga anda pun memperoleh material terbaik untuk bahan pelapis jalan. Tentunya jasa perkerasan jalan profesional dan terpercaya akan membantu anda dalam menghadirkan paving block berkualitas yang bagus.

Leave a Comment