6 Cara Pemasangan Paving Block Semen Dengan Mudah Dan Anti Ribet

Pemasangan paving block dalam bentuk semen, saat ini menjadi salah satu hal yang sering dilakukan. entah itu untuk carport atau pekarangan rumah. Mempekerjakan orang untuk memasangnya, pastinya akan membuat pengeluaran berlebih. Oleh karena itu, anda bisa mulai belajar bagaimana cara memasangnya sendiri. Tidak ribet, begini tahapan yang perlu anda tahu.

Langkah Langkah Memasang Paving Block Semen Untuk Halaman Rumah

1. Mengecek Keadaan Tanah Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek bagaimana keadaan dari tanah pekarangannya terlebih dulu. Anda bisa mengecek apakah permukaannya tidak berlubang, rata dan juga padat. Apabila pekarangan memiliki permukaan yang tidak rata, akan membuat paving menjadi lebih cepat amblas dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, sebelum anda melakukan pemasangan kepingan paving block di halaman maupun pekarang rumah, ada baiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Apabila tanah mengalami adanya lubang, anda bisa mengisinya dengan menggunakan stamper kuda atau mesin roller (wales) terlebih dahulu sebelum memasangnya.

2. Membersihkan Lahan Dari Rumput dan Sampah

Setelah dirasa tanah telah rata, cara pemasangan paving block semen adalah dengan membersihkan lahan dari kotoran, rumput, sampah dan juga daun liar. Ketika anda memasang paving pada lahan yang kotor, hal in akan membuatnya tidak bisa menempel dengan benar. Sehingga akan membuat lebih mudah untuk bergeser.

3. Memilih Jenis Paving Block yang Tepat

Kemudian, anda juga bisa memilih jenis paving block yang tepat dan sesuai. Disini, anda bisa mempertimbangkan fungsi dan juga keunggulan dari setiap jenis paving block yang anda miliki. Dengan semakin tebal paving block tersebut akan memiliki ketahanan yang semakin bagus untuk menopang beban dari berat yang ada pada paving block tersebut.

4. Melapisinya dengan Menggunakan Tanah Urug

Berlanjut ke tahap leveling, dimana anda bisa menyiapkan tanah urug untuk lapisan pertama dalam pemasangan paving block. Untuk membuat agar tanah sama rata, anda juga perlu meratakannya dengan tanah merah atau abu batu. Aturlah hingga tanah yang akan dipasang paving menjadi rata dan padat.

5. Memasang Kanstin Beton

6 Cara Pemasangan Paving Block Semen Dengan Mudah Dan Anti Ribet

Kemudian, anda pun bisa memasang kanstin beton yang dipasang pada sisi paving block. Fungsinya sendiri adalah untuk mengunci paving block sehingga tidak akan mudah untuk bergeser. Anda bisa memasangnya sesuai dengan kebutuhan dan mulailah memasang keping dari paving block.

Dalam melakukan pemasangan, sebaiknya anda juga menginjak paving block yang telah terpasang. Hal ini bertujuan agar lebih menempel ke tanah urug secara merata. Apabila terdapat sudut yang kosong, anda bisa memotong paving block dengan menggunakan cutter dan memasangnya hingga seluruh area telah tertutup.

6. Mengisi Joint Filler

Tahapan selanjutnya dalam pemasangan paving block adalah mengisi joint filler. Disini, anda bisa mengisi celah yang terdapat natar paving block dengan menggunakan abu batu. Dengan begitu, paving ini akan terlihat lebih rata. Kemudian, padatkan dengan menggunakan stamper kuda ataupun baby roller akan lebih rapi dan rata. Selanjutnya bersihkan lahan dari abu batu.

Begitulah kira kira proses memasang paving block sendiri di pekarangan rumah. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Apabila anda memiliki waktu luang yang berlebih, tidak ada salahnya untuk mulai memasang paving sendiri. Hal ini akan berfungsi untuk mengurangi budget yang biasanya akan anda keluarkan dengan memanggil jasa tukang. Tentunya hal ini akan jauh lebih bisa menghemat pengeluaran anda.

Leave a Comment