Mengulik Lebih Jauh Harga Pasang Paving Block Per M2 Dan Jenis Paving block

Penggunaan paving block sebagai bahan layout lantai sepertinya bukan lagi hal yang asing. Terutama untuk kebutuhan jalan taman atau carport. Namun, berapa harga pasang paving block per m2? Jawabannya dapat berbeda dari satu penyedia jasa ke lainnya. Tarifnya pun dapat berbeda dari jenis jasa yang dipilih. Untuk itu, berikut rincian sederhana yang perlu Anda kenali.

Harga Borongan per meter

Pada umumnya, jasa pemasangan paving block akan menawarkan pelayanan borongan. Dalam hal ini, detail harga yang diberikan jauh lebih sederhana. Pasalnya, setiap detail akan diatur oleh pihak bersangkutan. Anda tidak perlu repot menghitung setiap biaya dan tarif dari jasa yang digunakan, seperti harga material hingga pemasangannya.

Meski demikian, Anda juga wajib melek dengan deretan detail pembayaran yang diberikan. Hal ini karena sistem borongan memberi harga secara keseluruhan, bukan per bagian. Hal ini sangat kontras dengan sistem pasang paving sistem harian. Tapi sekali lagi, perlu digaris bawahi bahwa setiap pemborong memiliki patokan harga yang berbeda.

Meski demikian, setidaknya ada patokan standar untuk harga pasang paving block per m2. Dalam hal ini acuan yang paling umum untuk borongan paving jenis block standar 6 cm cukup terjangkau. Harga pasang tanpa material (Anda sudah menyediakan paving) umumnya dipatok mulai dari harga Rp 22.000 per m2.

Sedangkan untuk Anda yang tidak mau ribet, jasa pemasangan dan material secara sekaligus dibanderol dari angka Rp 135 ribu sampai Rp 165 ribu / m2. Perlu diingat bahwa harga ini dapat berubah dan berbeda dari satu lokasi (kota dan provinsi) ke lokasi lainnya. Selain itu, jenis paving pun akan mempengaruhi harga pasang. Terutama untuk jenis non standar.

Harga Paving Block Yang Digunakan

Sempat dibahas mengenai jenis paving non-standar akan memiliki banderol harga yang lebih tinggi. Hal tersebut, menjelaskan bahwa Anda wajib mengenal jenis paving sebelum menghitung perkiraan harga pemasangan. Perlu diingat bahwa harga dari paving block di pasaran akan berbeda dari jenis dan lokasi penjualan.

Harga pasang paving block per m2 akan terpengaruh dengan jenis barang yang Anda gunakan. Apakah Anda menggunakan produk standar, block besar, atau yang berbentuk hexagon? Mengingat bahwa setiap bentuk bata akan mempengaruhi proses pemasangan, maka tak heran jika bentuk unik akan dibanderol harga lebih tinggi.

Seperti contohnya adalah perkiraan harga paving bata berukuran 8 cm. Harga material sendiri ditarik sekitar Rp 85.000 per m2. Belum ditambah dengan cara pemasangan dan prosesnya. Total harga pasang dapat menjadi dua kali lipat dari harga standar. Yang mana, block bata dan hexagon standar 6 cm adalah 55 ribu per m2.

Mengulik Lebih Jauh Harga Pasang Paving Block Per M2 Dan Jenis Paving block

Penghitungan Kebutuhan Material Dan Biaya Pemasangan

Setelah Anda mengetahui jenis paving yang diinginkan, tidak ada salahnya untuk melakukan perhitungan mandiri. Hal ini dapat dijadikan acuan sederhana untuk perhitungan biaya. Cara menghitungnya sendiri cukup mudah. Yang perlu dilakukan adalah dengan mengalikan luas area dengan jumlah paving per meternya.

Untuk menghitung Harga pasang paving block per m2, lakukan saja perhitungan sederhana. Pada umumnya, jumlah paving bata untuk per meternya adalah sekitar 44 buah. Ditambah lagi dengan cacing paving sekitar 39 buah. Dari angka tersebut, kalikan dengan luas area. Nantinya akan didapatkan perkiraan harga yang perlu dibayarkan.

Mengenal harga paving, jasa pemasangan, dan prosesnya secara tidak langsung membantu Anda untuk memprediksi RAB bangunan. Terutama mengingat bahwa proses dan jasa ini tidaklah murah. Karena itulah, lakukan riset pasar dengan baik dan perhitungkan kebutuhan dengan lebih rinci. Sehingga Anda akan mendapat harga yang lebih memuaskan.

Leave a Comment