Jasa Aspal Hotmix Banyak Digunakan, Yuk Kenali Lebih Jauh Bahan Bahan Penyusunnya!

Konstruksi jalan di Indonesia banyak menggunakan jasa aspal hotmix. Baik itu pengaspalan di jalan raya sampai jalan di depan rumah masyarakat. Pasalnya aspal hotmix memang punya sederet keunggulan, apalagi harganya terbilang cukup terjangkau. Namun, seperti apa sebenarnya aspal hotmix ini dan apa saja bahan yang digunakan sebagai penyusunnya ? Yuk cari tahu.

Apa Itu Aspal Hotmix ?

Aspal hotmix secara teknis diartikan sebagai suatu kombinasi antara beberapa bahan penyusun utama, yang meliputi aspal dan agregat. Dimana campuran tersebut dapat kembali ditambahkan dengan bahan aditif lainnya. Dan untuk menghasilkan gradasi yang seragam, permukaan agregat akan terselimuti oleh aspal dalam pencampurannya.

Pihak kontraktor akan memanaskan kedua bahan tersebut pada suhu tertentu untuk memperoleh agregat yang kering dan tingkat kekentalan aspal yang mencukupi. Nantinya, campuran aspal panas yang dihasilkan mempunyai sifat mekanis dari friksi serta kohesi bahan bahan penyusunnya. 

Friksi di sini didapatkan dari ikatan antar partikel agregatnya, kekuatan menurut gradasi, bentuk dan ukuran maksimum agregat, serta tekstur permukaan. Sedangkan kohesi didapatkan dari karakter aspal yang digunakan. Itulah kenapa aspal hotmix punya berbagai nama lain seperti aspal campuran panas, campuran beraspal panas, atau aspal beton.

Bahan Penyusun Aspal Hotmix

Jasa aspal hotmix memperoleh aspal beton ini melalui berbagai campuran, meliputi agregat kasar, agregat halus, bahan pengisi (filler), dan aspal pengikat. Kemudian semua bahan tersebut dicampur menjadi satu dalam kondisi suhu panas yang tinggi, umumnya antara 145°C sampai dengan 150°C. Yuk lihat masing masing penjelasan bahan penyusun aspal hotmix ini.

Jasa Aspal Hotmix Banyak Digunakan, Yuk Kenali Lebih Jauh Bahan Bahan Penyusunnya!

  1. Agregat Kasar

Aspal hotmix terdiri atas agregat kasar, adapun bahan yang digunakan sebagai agregat kasar umumnya seperti kerikil pecah atau batu. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bahan tersebut dapat digunakan sebagai agregat kasar dalam campuran penyusun aspal hotmix. Misalnya batu atau kerikil harus tertahan oleh saringan dengan kriteria tertentu.

Kemudian syarat kekuatan, kekeringan, dan kebersihan agregat biasanya akan diperhatikan oleh jasa aspal hotmix. Pasalnya agregat kasar ini akan berperan sebagai bahan pengembang untuk volume mortar, serta menstabilkan campuran supaya lebih tahan terhadap lelehan. Sehingga jalan yang terbentuk nantinya memiliki ketahanan selip yang baik. 

  1. Agregat Halus

Untuk agregat halus, bahan yang biasanya digunakan yaitu batu pecah yang mampu lolos pada kriteria saringan tertentu. Sama seperti agregat kasar, bahan yang digunakan sebagai agregat halus pun harus terbebas dari kotoran dan dalam kondisi bersih. Adanya agregat halus nantinya bisa meminimalisir kemungkinan deformasi akibat beban roda kendaraan.

  1. Filler

Guna mempermudah campuran aspal memperoleh kekentalan yang diinginkan, biasanya campuran beraspal panas akan ditambahkan bahan pengisi atau filler. Bahan pengisi ini kemudian mengisi rongga udara dalam campuran. Sehingga didapatkan kerapatan, kekuatan, dan kekerasan campuran yang diinginkan. Adapun bahan yang umum dipakai seperti debu batu kapur, abu terbang, dan debu dolomit.

  1. Aspal Keras

Terakhir, ada aspal keras yang digunakan jasa aspal hotmix dalam campuran beraspal panas. Fungsinya adalah sebagai bahan pengikat campuran, karena aspal punya sifat viskoelastis yang mampu menahan dan melingkupi agregat. Tentunya aspal yang digunakan juga tidak bisa sembarangan, sehingga perlu dilakukan pengujian terkait kepekaan terhadap suhu, penuaan aspal, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa bahan penyusun aspal hotmix, yang mana pemilihannya perlu memperhatikan beberapa syarat tertentu. Sehingga anda pun tidak bisa asal dalam memilih jasa apabila menginginkan pembangunan jalan aspal yang layak. Maka dari itu, pastikan anda menggunakan jasa kontruksi jalan yang memang sudah terpercaya dan profesional. 

 

Leave a Comment