Mengenal Cara Hitung Kebutuhan Paving Block Untuk Estimasi RAB Akurat

Saat dihadapkan dengan proyek paving, besar kemungkinan Anda harus melakukan estimasi biaya dan jumlah kebutuhan blocknya. Hal ini dinilai penting guna memiliki kalkulasi RAB atau rencana anggaran biaya yang tepat. Untuk membantu perhitungan dan estimasi terbaik, berikut adalah cara hitung kebutuhan paving block Anda wajib pahami.

Cara Menghitung Keperluan Paving

1. Membagi Luas Total Dengan Luas Paving

Cara perhitungan yang satu ini adalah yang paling umum digunakan. Pasalnya, Anda hanya perlu mengetahui ukuran luas, pilihan model paving, dan juga jumlah block per meternya. Secara garis besar, Anda wajib tahu ukuran paving terlebih dahulu. Kemudian melakukan perhitungan jumlah paving per meter dan melakukan perhitungan untuk luas lahan.

Sebagai contohnya, Anda akan menggunakan paving block dengan ukuran P 20cm x L 10cm x T 5cm. Dari angka tersebut, Anda bisa mendapatkan luas satu paving dengan rumus 0,2 m x 0,1 m = 0,02 m2. Setelah mendapatkan angka tersebut, bagi total luas lahan yang akan dipaving. Seandainya luas lahan 10 m2, maka kebutuhannya adalah 10 / 0,02 = 500 buah.

2. Melakukan Pengujian Pemasangan

Jika Anda tidak yakin dengan perhitungan angka saja, maka bisa mencoba cara hitung kebutuhan paving block dengan uji coba. Anggap saja cara ini sebagai tes. Anda, akan mencoba pemasangan untuk luas kurang lebih satu meter persegi saja. kemudian, jumlah paving yang digunakan. Nantinya Anda bisa mengalikan jumlah tersebut dengan luas lahan.

Seperti contohnya adalah ukuran luas lahan 10 m2, yang terdiri dari luas 1m dan panjang 10m. Jika Anda menemukan bahwa setiap m2 membutuhkan 50 biji paving, maka kalikan saja dengan luas lahan 10m. Alhasil Anda akan mendapatkan 50 x 10 = 500 buah total paving yang dibutuhkan untuk mengcover seluruh lahan.

Pertimbangan Jumlah dan harga Paving Per M2

Mengenal Cara Hitung Kebutuhan Paving Block Untuk Estimasi RAB Akurat

Apakah Anda akan mendapatkan jumlah yang sama saat menggunakan paving lain? Tidak tentu. Perlu dipertimbangkan bahwa model, dimensi, dan bentuk dari bata yang digunakan akan berpengaruh pada jumlah per m2. Jika cara hitung kebutuhan paving block menggunakan model bata standar adalah 50 maka bisa jadi bentuk cacing hanya 40 buah saja.

Hal tersebut tak terlepas dari dimensi block paving itu sendiri. Bata persegi standar umumnya memiliki ukuran 21 cm x 10,5 cm. Sehingga per meternya bisa mencapai total 44 buah. Sedangkan ukuran paving cacing umumnya memiliki ukuran 22,5 cm x 11,2 cm. Sehingga jumlah per meternya hanya sekitar 38-39 buah saja.

Sekali lagi jumlah dari paving akan berbeda secara signifikan dari satu model ke model lainnya. Paving dengan dimensi lebih besar seperti ubin besar, hexagon, ubin set, atau uskup cenderung memiliki jumlah yang lebih sedikit. Meski demikian, harga dan juga proses pemasangannya pun juga membutuhkan perhatian yang berbeda pula.

Untuk cara hitung kebutuhan paving block dan RAB yang lebih akurat, ada baiknya Anda perhatikan list harga dengan baik. Umumnya, patokan harga diberikan untuk kebutuhan per meternya. Tidak hanya itu, banderol yang ditarik juga bisa berubah bergantung dengan ketebalan dari paving itu sendiri. Jadi pastikan Anda paham jumlah, luas, dan harga setiap modelnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami tentang perhitungan paving block. Yang perlu dipahami adalah luas lahan yang ingin dipaving serta jumlah paving block per m2. Setelah itu Anda dapat melakukan kalkulasi. Memiliki estimasi jumlah yang tepat akan mempermudah proses monitoring RAB. Sehingga Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dan budget untuk proyek pembangunan.

Leave a Comment