Mengenal Ciri Ciri Paving Block yang Berkualitas

Paving block memang menjadi salah satu elemen konstruksi yang sering digunakan di berbagai tempat. Bahan dasarnya yang terbuat dari semen dan pasir menjadikan alasan kenapa jasa paving block banyak dipilih. Namun, ada beberapa ciri ciri yang bisa diketahui jika paving block yang digunakan berkualitas. Seperti apa informasinya? Yuk simak di sini!

Ciri Ciri Paving Block Yang Berkualitas

1. Harga Yang Masuk Akal

Paving blok atau yang sering dikenal dengan batuan blok memang menawarkan banyak keunggulan di dunia konstruksi. Sayangnya, tidak sedikit konsumen yang belum mengetahui bagaimana karakteristik dari blok yang berkualitas. Apalagi harga yang ditawarkan tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk memastikan kualitas dari batuan blok ini.
Karena tidak hanya produsen besar dan ternama saja yang menjual batuan blok, tetapi industri rumahan juga turut menawarkannya. Sehingga Anda perlu mengetahui beberapa hal, termasuk harga yang dipatok. Jangan sampai harga miring mengecoh Anda untuk mendapatkan paving block yang kurang bagus. Untuk itu, Anda perlu jasa paving block agar memberikan rekomendasi terbaik.

2. Memiliki Konstruksi yang Kuat dan Kokoh

Mengenal Ciri Ciri Paving Block yang Berkualitas

Ketika Anda mendatangi produsen yang menawarkan paving block, jangan lupa untuk menanyakan kualitas. Produsen yang jujur tak segan memberikan uji coba dengan ketahanan dari paving block. Cara menguji kekuatan dari batuan blok ini, Anda bisa melakukannya dengan tes sederhana.

Cobalah menjatuhkan block setinggi satu meter atau lebih. Batuan yang berkualitas tidak akan terbelah atau hancur menjadi beberapa bagian jika melalui tes seperti ini. Kemudian, cobalah untuk membenturkannya satu sama lain, untuk mengetahui suara benturan. Batuan yang bagus akan menghasilkan suara nyaring ketika dibenturkan dengan block lainnya.

3. Memiliki Tekstur yang Kasar

Material pembentuk batuan blok yang bermutu tinggi adalah dari pasir murni dan juga semen dari pegunungan. Biasanya perpaduan bahan tersebut menghasilkan tekstur yang cukup kasar jika diraba menggunakan tangan kosong. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kualitas batuan block yang bermutu tinggi, maka sebaiknya menggunakan jasa paving block profesional.

Selain itu, paving block yang memiliki kualitas terbaik juga tidak akan rusak jika digosok dengan benda benda tajam. Sementara itu paving blok yang jelek akan mudah hancur saat tergores maupun terbentur dengan benda lainnya. Batuan block dengan low quality ini hanya terbuat dari semen dan pasir yang berkualitas rendah.

4. Memiliki Bentuk Yang Presisi

Ciri paving block yang berkualitas selanjutnya dapat diketahui dari bentukan yang presisi. Artinya, setiap bagian material pembentuknya dibuat dengan rata, rapi, dan tidak berlubang. Kemudian, ciri lainnya yang wajib Anda ketahui yaitu sudut sudut paving block memiliki kesan yang lancip dan tidak tumpul.
Maka dari itu, ketika memilih batuan block pastikan agar sudutnya lancip, padat, dan rapat. Jangan sampai salah pilih dengan permukaan yang banyak kerikil. Pasalnya, tak sedikit produsen yang berbuat curang dengan menambah batuan kerikil. Sebaiknya, Anda perlu berhati hati dalam menentukan block yang berkualitas.

Selain bentuknya yang rapi, Anda juga perlu memperhatikan tingkat presisinya. Biasanya, jasa paving block akan memberikan rekomendasi terbaik untuk memilih batuan block bermutu tinggi. Hal ini penting diperhatikan untuk memudahkan proses pemasangan dan hasil akhir dari proses tersebut.
Dengan mengetahui berbagai macam ciri batuan block berkualitas, tentunya Anda akan mendapatkan hasil terbaik. Selain memperhatikan aspek tersebut, Anda juga perlu mempertimbangkan jasa pemasangan paving block yang profesional agar memperoleh material yang berkualitas.

Leave a Comment