Yuk Mengenal Lebih Jauh Jenis Kanstin Paving Block Dan Fungsinya

Apa yang muncul di benak Anda saat mempekerjakan suatu penyedia jasa? Sering kali yang menjadi pertimbangan utama adalah biaya. Namun dalam suatu jasa yang membutuhkan keahlian, maka Anda pun perlu cek kecakapan dan cara kerjanya. Seperti dengan jasa pasang paving block. Yang mana Anda harus kenali dua cara pembentangan pasir, seperti ulasan berikut.

Teknik Pembentangan Pasir Uncompacted

Teknik penyebaran pasir atau abu batu ini adalah yang paling umum dilakukan. Pada dasarnya, proses kerjanya lebih sederhana dari proses pre-compacted. Pasalnya pasir yang digelar langsung dijidar tanpa ada proses pemadatan sebelumnya. Hal ini pula yang bisa membuat harga jasa lebih rendah, karena tidak membutuhkan alat khusus untuk stamping.

Pada dasarnya, pasir yang disebar masih dalam kondisi tidak padat. Dasaran tidak padat ini akan dipadatkan bersamaan dengan pemasangan paving. Karena tidak diratakan, terkadang pemasang harus melakukan trial dan error untuk mendapat ketebalan pasir yang rata. Hal ini tentunya dapat dihindari dengan bantuan alat stamper di teknik pre-compacted.

Jika melihat hal tersebut, bisa dikatakan bahwa jasa pasang paving block dapat bekerja jauh lebih cepat dan memiliki harga yang lebih ekonomis. Bahkan di dalam proses jidar atau pasang paving pun tidak memerlukan banyak orang. Hal ini tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang sedang memiliki batasan RAB.

Tapi sayangnya, karena tidak adanya proses pemadatan pasir maka bedding dapat berakhir tidak rata. Pembentangan pasir pun akan membutuhkan perhitungan penurunan dengan lebih teliti. Hal ini dilakukan untuk menentukan ketebalan dasaran yang baik. Tanpa bantuan mesin stamper, maka trial dan eror bisa memakan waktu yang tidak sedikit.

Teknik Pembentangan Pasir Pre-compacted

Jika jenis uncompacted adalah teknik penyebaran pasir tanpa pemadatan, maka teknik pre-compacted adalah sebaliknya. Seperti namanya, gelaran pasir atau abu batu akan segera dipadatkan dengan bantuan alat Stamper Plat. Nantinya, hasil pemadatan akan memberi permukaan pasir yang lebih rata dan keras.

Hal ini tentunya sangat berguna untuk mengantisipasi proses penurunan pemadatan setelah proses pemasangan paving. Pasalnya, paving dipasang dalam keadaan pasir padat. Jadi jasa pasang paving block akan memiliki hasil pemasangan yang lebih mendekati ketebalan yang diinginkan. Hal ini pula menghindari kondisi dimana lantai gronjal dan tenggelam.

Mengenal Dua Cara Pembentangan Pasir Dari Jasa Pasang Paving Block

Salah satu kelebihan yang bisa didapat dari teknik pre-compacted adalah kesesuaian tingkat ketebalan dari dasaran pasir. Saat permukaan rata, pemasangan pun jauh lebih mudah dan rapi. Hal ini karena tidak perlu meratakan dan memadatkan pasir selama pemasangan. Tak jarang, teknik ini pun dapat membantu estimasi material lebih akurat (terutama bahan pasir).

Sayangnya, teknik ini cukup jarang dipilih karena beratnya proses dan biaya. Sering kali proses pemasangan membutuhkan lebih dari satu pekerja. Tidak hanya itu, waktu kerja pun jauh lebih lama karena dibutuhkan proses pemadatan. Biaya sewa untuk alat stamper pun tidak murah, yang mana menjadi nilai minusnya.

Pilih Yang Mana?

Menjadi konsumen yang bijak adalah cara terbaik saat memilih jasa pasang paving block. Tanyakan dengan baik teknik apa yang digunakan dan tarif yang dibandrol untuk pekerjaannya. Pilihlah jasa yang memberi harga sesuai dengan teknik pemasangan yang digunakan. Dengan memahami teknik, maka Anda pun dapat menghindari jasa abal abal.

Mengenal teknik pembentangan bisa menjadi cara memastikan kualitas kerja. Terutama dalam proses pemasangan batu paving. Kedua cara ini memiliki dasar yang berbeda, yang mana membutuhkan peralatan yang tidak sama pula. Agar Anda mendapat hasil terbaik dan tidak merasa dirugikan, maka kenali teknik yang digunakan dan pilih sesuai kebutuhan.

Leave a Comment