Mengenal Jenis Jenis Paving Block yang Bisa Diaplikasikan di Rumah

Penggunaan paving block sudah dimanfaatkan sejak bertahun tahun silam, dan hingga kini terus berlangsung meski teknologi semakin berkembang. Ini karena paving block tersebut memiliki banyak keunggulan dibandingkan material lain. Namun sebelum anda menghubungi jasa paving block, sebaiknya kenali beberapa jenisnya berikut agar tidak salah pilih.

Jenis Paving Block

1. Paving Block Model Bata

Mengenal Jenis Jenis Paving Block yang Bisa Diaplikasikan di Rumah

Paving block model bata menjadi jenis yang paling umm dan pastinya sudah sering anda temukan. Model ini juga paling populer dan banyak digunakan untuk berbagai macam lahan, mulai dari halaman rumah hingga bangunan besar. Karena bentuknya yang persegi panjang seperti bata dengan ukuran sekitar 10 cm x 21 cm, polanya sangat gampang diatur dan pemasangannya juga mudah.

2. Paving Block Model Cacing

Biasanya anda bisa menemukan paving block model cacing (zig zag ) ini di taman taman kota. Pasalnya jenis tersebut memiliki bentuk yang cukup unik, sehingga mampu memberikan keindahan tersendiri. Tentu sangat cocok bila ditempatkan di taman kota, yang memang sengaja didesain sedemikian rupa sebagai ruang terbuka hijau untuk bersantai warga setempat.
Pemasangan paving block model cacing juga terbilang cukup mudah, tidak jauh berbeda dengan model bata sehingga kerap menjadi pilihan. Ukurannya sendiri umumnya dibentuk sekitar 11 cm x 12 cm dengan ketebalan beragam, mulai dari 6, 8, hingga 10 cm. Jasa paving block umumnya menyediakan kurang lebih 39 buah paving block cacing untuk per meter perseginya.

3. Paving Block Model Hexagon

Untuk halaman rumah, sekolah, hingga trotoar, banyak yang memilih paving block model hexagon. Pasalnya model satu ini dinilai begitu kuat, selain itu tampilannya juga unik dengan bubuhan warna variatif. Sehingga mampu menambah nilai estetik dari lingkungan sekitar. Sesuai dengan namanya, bentuknya segi enam yang memiliki luas sekitar 20 cm x 20 cm.

4. Paving Block Model Trihex

Pemasangan paving block model trihex hanya bisa dipasang menggunakan satu pola dan tidak dapat digabungkan dengan model lain. Sehingga pemasangan dari model satu ini memang cenderung lebih rumit dibandingkan jenis lainnya. Meski begitu, banyak orang yang ingin memanfaatkan pelapisan lahan menggunakan model trihex.
Pasalnya model trihex tersebut dinilai begitu unik, dengan bentuk tiga buah hexagonal kecil yang menyatu. Namun karena ketahanannya lebih rendah dibandingkan lainnya, model satu ini lebih banyak dipilih untuk meningkatkan nilai estetika saja di halaman. Dimensinya sendiri kurang lebih 19,7 cm x 9,6 cm dengan ketebalan berbagai macam.

5. Paving Block Model Rumput

Model rumput atau grass block menjadi permintaan favorit masyarakat urban kepada jasa paving block. Lahan padat penduduk memang membuat rumput rasanya sulit ditemukan, sehingga banyak masyarakat perkotaan yang memilih menggunakan grass block ini. Grass block mempunyai lubang di tengah, sehingga rumput bisa tumbuh di sela selanya.
Rumput yang tumbuh di sela sela paving block tersebut terlihat jauh lebih rapi. Dan material ini sendiri membuat halaman menjadi lebih estetik. Sehingga pekarangan rumah anda bisa tampil lebih indah sekaligus asri dan ramah lingkungan dalam satu waktu. Umumnya paving block model rumput tersedia dengan ketebalan 8 cm berlubang 2, dan 6 cm berlubang 6.

6. Paving Block Model Uskup

Paving block model uskup memiliki bentuk seperti namanya, yaitu layaknya topi seorang uskup. Karena mempunyai sifat yang lebih kokoh, jasa paving block biasanya menerapkan material ini untuk sisi sisi jalan. Ukurannya sendiri cukup besar, kurang lebih 30 cm dengan lebar mencapai 21 cm. Ukuran tersebut membuat model uskup mampu menahan beban cukup berat.
Itulah beberapa jenis paving block yang ada di pasaran dan bisa anda pilih sesuai selera serta kebutuhan. Masing masing jenis tersebut memiliki bentuk, ukuran, karakter, dan sifatnya tersendiri. Sehingga anda dapat menyesuaikannya dengan perspektif lahan. Tentunya berkonsultasi dengan jasa profesional akan membantu anda dalam pengaplikasiannya.

Leave a Comment