Mengenal Macam Macamnya Sebelum Menggunakan Jasa Paving Block

Paving block adalah salah satu jenis teknik pembangunan jalan. Jalanan yang cenderung sedikit lalu lintas seperti jalanan perumahan dan pertokoan akan lebih memilih menggunakan paving block daripada aspal. Sebelum menggunakan Jasa Paving Block, maka sebaiknya kenali dulu apa saja macam macam Paving Block berikut ini. 

Mengenal 6 Jenis  Model Block Paving yang Paling Banyak Digunakan 

  1. Model Uskup

Memasang paving block seringkali dipilih untuk melengkapi jalanan perumahan atau jalanan lain yang lalu lintasnya tidak terlalu tinggi. Namun hal pertama yang perlu anda pertimbangkan sebelum memasang aving adalah ketinggian tanah dan ukuran paving. Anda harus lebih menyesuaiakan ukuran tersebut agar pemasangan lebih rapi. 

Seperti namanya yang unik, paving block satu ini berbentuk seperti topi uskup. Ukurannya cenderung lebih besar, hingga mencapai 30 cm dan mempunyai lebar sampai 21 cm. Model paving ini lebih sering digunakan pada sisi-sisi jalanan. Hal ini karena sifat paving satu ini yang lebih kokoh.

  1. Model Trihex

Ada beberapa kelebihan menggunakan paving block yang membuat bahan ini sering dipilih Jasa paving blockuntuk jalanan. Salah satunya adalah karena bahannya yang lebih terjangkau dan mudah dirawat. Selain itu, bahan paving ini lebih mudah dalam menyerap air yang mana hal ini berbeda bila anda menggunakan lantai keramik yang lebih mudah berlumut. 

Jenis paving block yang sering digunakan di Indonesia lainnya adalah model trihex. Model paving ini lebih sering disebut dengan paving block segitiga. Bentuknya cukup unik karena akan terlihat seperti potongan sarang lebah. Ukuran paving ini adalah sebesar 19 x 10 cm dengan ketebalan hingga 10 cm.

  1. Model Bata

Pemasangan paving block di lingkungan jalanan perumahan akan mudah untuk dipasang dan dilepas bila dibutuhkan. Walaupun paving ini terbuat dari beton, paving mempunyai bahan komponen yang lebih ringan. Sehingga tak hanya sebagai bahan jalan namun paving juga bisa difungsikan sebagai pelengkap dekorasi hunian. 

Salah satu jenis paving yang sering digunakan Jasa paving block adalah Model Bata. Model ini banyak digunakan dari mulai bangunan kecil hingga bangunan besar. Bentuknya seperti persegi panjang dengan ukuran 10 cm x 21 cm. kelebihan paving jenis ini adalah cara pemasangannya yang cenderung lebih mudah. 

  1. Model Hexagon

Mengenal Macam Macamnya Sebelum Menggunakan Jasa Paving Block

Sesuai dengan namanya, paving dengan model hexagon ini mempunyai sisi sebanyak enam. Ukurannya cukup besar hingga mencapai 20 cm x 20 cm dengan ketebalan rata rata 10 cm. Model ini adalah model paving yang cukup digemari banyak orang karena mudah dipasang, kuat, dan tahan lama.

  1. Model Cacing

Paving block selanjutnya adalah model cacing. Paving ini cenderung mudah dipasang seperti model bata dan hexagon. Model ini banyak digemari orang, karena selain mudah dalam pemasangannya, bentuknya juga cukup unik sehingga menambah nilai estetika eksterior hunian anda. Ukuran paving ini sekitar 11 cm x 22 cm dengan tebal 6 cm, 8 cm, dan 10 cm.

  1. Model Rumput

Model rekomendasi dari Jasa paving block satu ini memang unik dengan bentuk permukaan yang rata. Bentuk pavingnya akan mempunyai lubang yang akan berfungsi sebagai tempat tumbuh rumput. Yang paling sering digunakan adalah paving block rumput dengan ukuran 40 cm x 40 cm dengan 5 lubang dan 30 cm x 45 cm dengan 8 lubang.

Itulah beberapa jenis paving block yang banyak digunakan di Indonesia. Pemilihan bahan material yang tepat diiringi dengan memilih jasa pemasangan paving yang terbaik akan membuat kualitas jalan yang dipasang lebih baik. Anda bisa mengikuti beberapa tips dan cara diatas agar tidak salah pilih. 

Leave a Comment