Mengulik Biaya Pemasangan Paving Block Per Meter Persegi Tanpa Atau Dengan Borongan

Memiliki daya serap lebih baik dari semen, lebih kuat dari cor, dan memiliki nilai estetika lebih tinggi adalah beberapa nilai plus dari jalan paving. Karena itu pula paving banyak ditemukan di jalanan. Namun, tahukah Anda berapa biaya pemasangan paving block per meter persegi? Bergantung dengan borongan atau tidak, berikut adalah informasi biayanya.

Pemasangan Tanpa Jasa Borongan

Salah satu opsi biaya pemasangan yang cukup terjangkau adalah tanpa bantuan borongan. Anda dapat memilih jasa pemasangan saja beserta dengan alat yang dirasa dibutuhkan. Namun, dalam proses ini Anda harus melakukan pembelian material dan melakukan perhitungan sendiri. Dan perhitungan kebutuhan paving dinilai sangat krusial di dalam prosesnya.

Untuk menghitung kebutuhan paving rumus yang digunakan cukup mudah. Anda hanya perlu mengalikan jumlah paving per meter dengan luas area. Di sini pula Anda harus tahu jumlah paving yang didapat untuk per meternya. Seperti contohnya adalah paving cacing umumnya berjumlah 39 buah/m2, sedangkan paving bata mencapai 44 buah/m2.

Dari perhitungan total blok yang dibutuhkan, barulah Anda menghitung biaya pemasangan paving block per meter persegi. Perlu dipahami bahwa harga setiap jenis paving akan berbeda. Umumnya variasi harga tergantung dari ketebalan, bentuk, dan dimensi. Seperti contohnya adalah block bata 8 cm seharga 85 ribu/m2, sedangkan block bata 6 cm hanya 55 ribu.

Perlu diingat juga bahwa patokan harga tersebut dapat berbeda dari satu lokasi ke lainnya. Terutama jika mengingat permintaan pasar dan jarak pengiriman. Setelah memiliki material, Anda dapat melakukan perhitungan untuk jasa pemasangan dan mesin yang digunakan. Sekali lagi, pastikan Anda memilih sesuai kebutuhan.

Pemasangan Dengan Bantuan Jasa Borongan

opsi menggunakan borongan kerap kali digunakan untuk proyek besar, seperti medan jalan perumahan. Untuk opsi ini, Anda tidak perlu repot melakukan perhitungan per meter dan membeli material. Pihak jasa akan melakukan estimasi kebutuhan block dan menghitung total biaya pemasangan paving block per meter persegi beserta biaya buruhnya.

Pada umumnya, biaya untuk mempekerjakan pemborong mencakup kebutuhan material, buruh, dan jasanya. Untuk patokannya sendiri dapat berubah dengan tingkat kesulitan, terutama jika Anda meminta pola tertentu. Untuk harganya sendiri dimulai dari 135 ribu/m2. Sedangkan untuk jasa saja bisa sekitar 20 ribu per meternya.

Pertimbangan Biaya

Mengulik Biaya Pemasangan Paving Block Per Meter Persegi Tanpa Atau Dengan Borongan

Lantas bagaimana bisa satu borongan dan lainnya memiliki patokan harga yang berbeda? Dalam hal ini, ada beberapa pertimbangan yang perlu dicatat. Yang pertama adalah jenis dan harga dari blok itu sendiri. Semakin berkualitas, besar, dan tebal blok yang digunakan, maka akan semakin mahal pula harga per meternya.

Tidak hanya itu, proses dan mesin yang digunakan juga dapat mempengaruhi total harga yang diberikan. Seperti penggunaan mesin stamper plat untuk memadatkan tanah sebelum proses pasang. Adanya mesin bantu ini dinilai akan memberikan hasil paving yang lebih rapi dan rata, namun tentunya ada biaya tambahan.

biaya pemasangan paving block per meter persegi juga bisa saja berbeda melihat dari tingkat kesulitan pekerjaan. Mungkin saja layout tanah yang akan di paving berliku atau miring. Bisa jadi, permintaan pola tertentu seperti lingkaran atau simetris juga meningkatkan kesukaran kerja. Alhasil biaya pun melonjak tidak sedikit.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dan hitung saat akan memasang jalan paving. Proses borongan dirasa lebih mudah, pasalnya Anda tidak perlu repot melakukan perhitungan secara detail. Namun jika dihadapkan dengan RAB terbatas, maka tidak ada salahnya untuk memilih jasa tanpa borongan atau pilih jenis dan cara pemasangan yang lebih terjangkau.

Leave a Comment