Mengulik Kelebihan Dan Kekurangan Paving Block Bolong Atau Grassblock

Apakah Anda pernah bosan dengan tampilan lantai paving yang tampak monotone? Salah satu solusi paving luar ruangan dan yang paling cocok untuk taman adalah grassblock. Kombinasi warna hijau dan bata bisa menjadi nilai plus tersendiri. Meski demikian, ada pula kelebihan dan kekurangan paving block bolong yang perlu Anda kenali terlebih dahulu. Berikut ulasannya.

Kelebihan Yang Bisa Anda Dapatkan

1. Memberi Nilai Estetika

Meski banyak sekali pola dan ide pemasangan paving block, tapi jenis ini cukup disegani untuk meningkatkan nilai estetika. Tak heran pula bahwa model paving ini digandrungi untuk landscape taman. Hal tersebut karena bentuk dari paving yang memiliki lubang agar rumput dapat tumbuh di tengahnya.

Saat digelar dengan rapi, maka tampilan dari lantai dengan grass block akan memberikan contrast hijau rumput segar dan abu abu bata. Ditambah dengan pola yang rapi dan unik, hal ini akan memberikan nilai plus pada tampilan estetika rumah atau taman. pola titik titik tersebut pun bisa jadi pilihan estetika kebutuhan dekorasi.

2. Daya Serap Air Dan Anti Banjir

Secara umum, kelebihan dan kekurangan paving block bisa dilihat dari daya serap airnya. Karena memiliki celah antara setiap block dan lubang tengah tempat rumput tumbuh, maka daya serap air pun semakin meningkat. Genangan air pun bisa dihindari karena air akan langsung kontak dengan tanah dan terserap lebih cepat.

3. Tidak Licin Dan Mudah Dirawat

Nilai unik dan kelebihan yang dimiliki adalah tidak licin. Bentuk paving yang saling terkunci satu sama lain memberi celah gesek. Tidak hanya itu, rumput pun memberi daya gesek yang lebih baik. Alhasil lantai pun tidak mudah selip. Yang perlu dilakukan adalah memastikan Anda bisa merawat rumput dengan memangkas dan menyiramnya secara rutin.

Kekurangan Yang Wajib Dipahami

Mengulik Kelebihan Dan Kekurangan Paving Block Bolong Atau Grassblock

1. Tidak Cocok Untuk Jalan Raya

Karena sifatnya yang tidak tersemen atau terpasang secara permanen, maka kelebihan dan kekurangan paving block yang wajib diketahui adalah tidak cocok untuk jalan raya. Terutama untuk jalanan yang banyak dilalui oleh kendaraan berkecepatan tinggi. Mengapa demikian? Karena paving akan rawan bergeser dari susunan lantai.
Alhasil, permukaan jalan jadi semakin tidak rata. Kondisi ini pula yang dapat membuat pengendara berada dalam bahaya. Karena bisa saja terjadi ban terjebak hingga lepas kendali karena paving yang tak rata. Masalah ini bisa saja diminimalisir dengan menggunakan jasa dan merapatkan pemasangannya.

2. Permukaan Mudah Bergelombang

Permukaan bergelombang dan tidak rata memang sudah menjadi ciri dari latar paving. Untuk kebutuhan taman atau halaman, hal ini bisa meningkatkan daya gesek. Namun untuk kebutuhan jalan, paving yang bergelombang dan berlobang justru akan membahayakan pengguna jalan. biasanya kondisi ini semakin parah jika pondasi tanah tidak cukup kuat dan padat.

3. Butuh Perawatan Rutin

Secara umum, kelebihan dan kekurangan paving block memang tidak begitu kentara. Namun untuk grassblock, Anda perlu merawatnya secara rutin. Mengingat bagian rumput bisa saja tumbuh tidak karuan. Rumput yang terlalu tinggi, rimbun, dan berantakan justru akan membuat paving semakin licin, tidak rata, bahkan tampak tidak terawat.

Itulah beberapa nilai yang perlu Anda kenali mengenai paving block rumput. Mengingat bagaimana pamor dari paving ini meningkat untuk kebutuhan lantai taman, maka ada baiknya Anda kenali nilai plus dan minusnya. Apalagi jika diambil garis merah, bahwa Anda harus rajin merawat rumput agar paving awet, bersih, dan tidak memiliki permukaan bergelombang.

Leave a Comment