Yuk Kenali Jenis Paving Block Menurut Standar Nasional Indonesia di Sini

Paving block memang sudah sejak dulu menjadi salah satu elemen favorit dalam proyek konstruksi jalan. Bahkan penggunaannya tidak jauh dari kehidupan sehari hari, sehingga familiar di kalangan masyarakat. Namun tahukah anda bahwa material yang digunakan oleh jasa paving block satu ini juga harus sesuai dengan standar nasional Indonesia ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Apa Itu SNI dan Fungsinya ?

Mungkin anda pernah bertanya tanya, kenapa banyak produk yang dipasarkan harus memenuhi standar SNI termasuk dengan paving block ini. Nyatanya dengan adanya standar nasional Indonesia tersebut, pengguna akan memperoleh berbagai keuntungan. Setidaknya terdapat beberapa prinsip yang menjadi dasar kenapa anda perlu menggunakan produk SNI.
Yang pertama yaitu dengan adanya SNI, maka akan membantu anda memperoleh produk berkualitas. Kemudian standar nasional Indonesia ini juga dapat membantu anda terbebas atas produk berbahaya, yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan, keselamatan hidup, maupun lingkungan. Selain itu, SNI juga membuat anda bisa menikmati produk sesuai kualitas dan harga.

Standar Kualitas Mutu Paving Block Ber-SNI

Yuk Kenali Jenis Paving Block Menurut Standar Nasional Indonesia di Sini

Jasa paving block profesional dan terbaik harusnya menggunakan material yang telah berstandar nasional Indonesia, dalam menjalankan proyek konstruksi. Dimana SNI sendiri melalui lembaga bernama BSN (Badan Standarisasi Nasional), telah menetapkan empat syarat mutu bata beton untuk paving block atau lantai. Yang mana syarat tersebut sudah tertera pada SNI 03-0691-1996.
Keempat syarat yang dimaksud yaitu yang pertama sifat tampak. Jadi paving block yang sesuai standar wajib memilih permukaan rata, bagian sudut serta rusuknya tidak mudah rusak hanya dengan kekuatan jari, dan tidak ditemukan retak retak atau cacat pada seluruh sisi permukaan paving.

Lalu yang kedua yaitu mengenai ukuran, dimana bata beton harus memiliki ukuran tebal minimal 60 mm dan toleransi plus 8 persen. Dan yang ketiga yaitu ketahanan terhadap natrium sulfat. Jadi pada syarat ketiga ini, paving block perlu melalui uji ketahanan terhadap senyawa natrium sulfat. Dan hasilnya tidak boleh cacat, serta kehilangan berat maksimum 1 persen saja.

Kemudian syarat terakhir atau syarat keempat yakni sifat fisika, dimana mutu paving block terbagi ke dalam empat bagian lagi yaitu mutu A, mutu B, mutu C, dan mutu D. Mutu A memiliki penyerapan air rata rata 3 persen, dan material dari jasa paving block satu ini bisa digunakan untuk jalan. Sementara mutu B digunakan pada pelataran parkir dengan penyerapan air 6 persen. Sedangkan mutu C yang mempunyai penyerapan air rata rata 8 persen bagus digunakan untuk pejalan kaki. Selanjutnya mutu D banyak digunakan pada taman serta berbagai penggunaan lain, dengan penyerapan air rata rata maksimal 10 persen. Masing masing pembagian mutu ini penting diketahui, agar penerapan paving block tidak salah.
Memastikan Paving Block Sudah Teruji SNI
Mungkin standar sifat tampak bisa dengan mudah anda identifikasi secara visual. Lantas bagaimana dengan ketiga standar lainnya ? Tentu akan sulit diidentifikasi, sebab harus dilakukan beberapa pengujian terhadap standar tersebut. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara agar anda bisa memastikan apakah paving block sudah teruji SNI atau belum.

Caranya yaitu dengan meminta test report atau laporan pengujian dari tempat anda memperoleh paving block. Lalu pastikan bahwa standar acuan dan standar spesifikasi pada laporan tersebut memang merujuk SNI 03-0691-1996, atau setidaknya sudah ada syarat minimal uji kuat tekan SNI. Tentunya jasa paving block terbaik akan siap menghadirkan material berkualitas tersebut.
Melihat ulasan di atas, terlihat bahwa pengujian SNI memang cukup kompleks. Hal ini sangat wajar, karena tujuan utama dari standar tersebut adalah perlindungan dan keamanan untuk masyarakat. Maka dari itu, pemilihan jasa pasang paving block profesional dan kompeten harus dilakukan dengan selektif agar anda bisa memperoleh material berkualitas.

 

 

 

Leave a Comment