Yuk Mengenal Paving Block Bolong Dan Cara Pemasangannya

Pernahkah Anda menemukan variasi penggunaan paving di taman? Tak jarang, permainan warna dan pola menjadi salah satu solusi latar yang cantik. Namun, tahukah Anda jika ada model paving block bolong yang sangat gemar digunakan di taman? Disebut juga dengan nama paving rumput, berikut ini adalah informasi yang perlu Anda kenali terlebih dahulu.

Tentang Paving Bolong

Kenapa disebut paving bolong? Sudah jelas sekali bahwa jenis paving block ini memiliki lubang untuk tempat rumput tumbuh segar. Karena itulah model ini juga disebut dengan paving rumput atau grass block. Jadi, secara tampilan paving ini memiliki lubang yang tepat berada di tengah kepingan beton. Yang mana bentuk dan ukurannya bisa berbeda setiap modelnya.

Untuk fungsinya sendiri tidak jauh dari bentuk atau model paving lainnya. Yakni menjadi material alas yang terbuat dari campuran beton. Yang mana pemasangannya saling mengunci setiap kepingan. Sehingga didapatkan latar rata dengan daya serap air yang lebih baik. Jenis paving beton rumput sendiri memberi tampilan latar kombinasi rumput dan beton.

Dalam penggunaannya, pertumbuhan rumput akan tampak lebih rapi. Mengingat rumput hanya akan tumbuh di tengah paving block bolong. Tak jarang pilihan paving ini dipilih untuk memberikan kesan tampilan yang lebih asri dan rapi sekaligus. Untuk bentuknya sendiri, paving ini cenderung dijual dalam bentuk sudah terangkai.

Pada umumnya ukuran atau jenis grass block tersedia dalam dua macam. Ada yang berukuran 40 x 40 cm dengan total 5 lubang. Untuk jumlah per meternya, jenis paving ini hanya sekitar 6,25 biji saja. Ada pula yang memiliki 8 lubang dengan ukuran rangkaian sebesar 30 cm x 45 cm. Jumlah kepingannya per meternya bisa mencapai 7,5 biji.

Cara Penanaman Paving Rumput

Karena telah terdiri dari rangkaian tertentu, maka bisa dikatakan pemasangan grass block memerlukan cara yang cukup berbeda. Apalagi mengingat bahwa paving ini akan tampak sempurna dengan pertumbuhan rumput yang rapi. Karena itu, berikut ini adalah cara penanaman paving rumput yang perlu Anda lakukan.

1. Persiapan Material Dan Kebutuhan Rumput

Ada banyak jenis paving block bolong di pasaran. Anda dapat memilih pola, jumlah lubang, dan ukuran sesuai kebutuhan. Kemudian siapkan pula media tanam, seperti tanah subur. Selain itu, sediakan pula rumput segar seperti rumput gajah mini atau rumput jepang yang tidak tumbuh terlalu cepat.

2. Gelaran Paving Bolong Diisi Dengan Tanah Subur

Setelah paving telah digelar dan dipasang, maka saatnya untuk mengisi setiap lubang dengan media tanam. Pastikan Anda memberi tanah yang cukup dan menanam rumput cukup dalam, sehingga menyatu dengan bedding paving. Dan jangan lupa untuk menyisakan setidaknya 2 cm jarak dari permukaan.

Yuk Mengenal Paving Block Bolong Dan Cara Pemasangannya

3. Penyiraman Rutin dan perawatan

Kebutuhan menyiram pertama hanya dilakukan sekali saja agar akar rumput dapat menyatu dengan tanah. Tunggu hingga sehari untuk kemudian disiram lagi secara rutin. Kemudian, Anda hanya perlu melakukan perawatan rutin. Yakni memotong rumput saat mencapai 3 cm di atas permukaan paving. Dan juga pangkas rumput liar di atas paving block bolong untuk hindari permukaan licin.

Seperti namanya, model paving yang satu ini memang memiliki tampilan permukaan tengah bolong. Fungsi utamanya adalah mengakomodasi pertumbuhan rumput. Sehingga, tampilan latar menjadi lebih segar dengan perpaduan hijau rumput dan warna mute block. Kombinasi ini sudah menjadi salah satu pilihan terelok untuk menghias latar taman dan halaman.

Leave a Comment