Yuk Mengenal Lebih Jauh Jenis Kanstin Paving Block Dan Fungsinya

Kata siapa desain paving itu bikin boring? Dengan kreativitas dan pemasangan yang unik, Anda pun dapat memiliki tampilan halaman yang lebih cantik. Apalagi untuk kebutuhan paving block taman di luar ruangan. Proyek konstruksi menggunakan kotak paving pun dapat dikreasikan untuk menghasilkan pola, warna, dan bentuk yang menarik. Seperti ulasan berikut.

Pola Desain Paving Untuk Landscape Taman menarik

1. Pola Mosaik

Untuk Anda yang ingin tampilan mewah, artistik, dan cantik, desain pemasangan paving ini bisa dicoba. Tapi tentunya, model dengan nilai seni tinggi ini membutuhkan skills yang tidak main main. Penggunaan paving dan pemasangannya cenderung lebih rumit, karena membutuhkan pemosisian, ukuran, dan juga pattern dengan gambaran tertentu.

Meski demikian, pola mosaik ini dapat dikreasikan dengan berbagai desain. Mulai dari membuat mozaik lingkaran hingga gambaran layaknya ulir akar cantik. Umumnya, desain mosaik pun digunakan sebagai ornamen hiasan di taman. Seperti pusat halaman, memberi garis hias, atau memberi kontras pada taman hijau nan segar.

2. Paving Dan Rumput

Desain yang satu ini adalah yang paling umum digunakan untuk paving block taman. Ide dari desain sendiri cukup sederhana, yakni membuat kombinasi cantik antara paving dan rumput hias. Kontras warna paving yang keputihan akan memberi kesan bersih di antara rumput hijau yang tumbuh di sela sela dan sekeliling block.

Ide desain ini tidak akan habis termakan waktu. Hal ini karena kemudahan pemasangan, serta kesannya yang tak pernah basi. Kontras warna dingin dari paving dan hijau segar rumput akan menjadi nilai plus tersendiri. Untuk polanya, Anda pun bisa menggunakan kreativitas. Seperti bentuk jaring atau paving block besar yang berbaur dengan rumput tinggi.

3. Desain Simetris

Yuk Simak 5 Ide Desain Paving Block Taman Untuk Mempercantik Halaman

Untuk desain yang lebih sederhana, pola simetris adalah pilihan paling fleksibel dan imaginatif. Anda dapat membuat berbagai bentuk simetris dengan menata paving sedemikian rupa. Seperti bentuk segi empat simetris layaknya target berwarna merah. Warna batu bata merah tersebut memberi kontras pada abu abu.

Meski paving block taman ini hanya membutuhkan penempatan dan pemasangan unik saja, namun desain ini dapat menjadi daya tarik tersendiri. Terutama untuk taman atau halaman yang banyak dilalui oleh orang. Desain ini pun dapat disesuaikan dengan selera. Anda dapat membuat pola sederhana, bahkan unik sekalipun.

4. Pola Lingkaran

Pola lingkaran indah dengan warna unik atau bentuk yang berbeda mungkin menjadi salah satu pola yang cukup disegani untuk kebutuhan taman. Tak jarang, desain ini banyak ditemukan untuk memberi titik pusat pada suatu lokasi. Seperti contohnya di tengah taman, tempat parkir, atau halaman rumah.

5. Desain Anyaman Sederhana

Tampilan standar dari penggunaan paving bukan berarti tak menarik. Seperti contohnya adalah pola interlocking anyaman, yang mana paling sering digunakan. Jenis pola ini kerap kali dijadikan pilihan karena membuat paving lebih terjaga dan tidak mudah bergeser. Namun, Anda juga dapat memberi sentuhan lebih untuk membuatnya lebih menarik.

Seperti contohnya adalah dengan menggunakan berbagai warna paving block taman. Anda dapat menggunakan warna natural seperti abu abu dan merah. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mencoba warna lain seperti biru muda, biru tua, atau orange. Acak warna tersebut, dan tampilan interlocking pun akan lebih memukau.

Pada dasarnya, paving block memang memiliki bentuk yang cenderung monotone. Mulai dari bentuk, peletakan, hingga warna pun cukup sederhana. Namun, Anda pun dapat berekreasi dengan bermain pola. Seperti membentuk mozaik, simetris, lingkaran, atau anyaman sederhana. Cat paving dan gunakan rumput untuk membuat landscape lebih cantik.

Leave a Comment